Wednesday, June 3, 2015

Absurditas Cinta

Sumber foto. bayflicks.net
Aku tergelak ketika membaca tulisan di chat kami. "Memang absurd, dekat dengan dia, tapi justru mencintai seorang laki-laki yang jauh."

"Lebih absurd mana dengan Nana, kk. Yang mencintai seorang laki-laki, baru dikenal, dan cinta itu telah bertahan empat tahun lamanya." Aku yakin dia tersenyum di belahan bumi sana. Sore itu kami sedang membicarakan tentang banyak hal, dan salah satunya mengenai laki-laki yang kami cintai. Wempy hanya mengngkat alis sambil bersiul mendendangkan Cinta Sejati Ari Laso. 

Cinta katanya hal paling absurd di dunia. Tidak ada satu pun yang bisa mendefinisikannya secara pasti. Hanya ciri-ciri yang menjadi standar tentang cinta.

Karena setiap orang punya cara tersendiri dalam mendefinisikan cinta, Na. Wempy menjawab. Wajahnya sedih dan aku tahu kenapa. Karena aku tak suka terbaring sakit. Apalagi sakitnya karena sesuatu yang diluar logika ilmu pengetahuan. Tapi setidaknya aku bisa merasa lega.

Rasa cemasku mulai berkurang. Walaupun aku tak pernah sepenuhnya percaya pada yang namanya sihir. Ternyata dunia Harry Potter itu memang ada. Tapi tanpa tongkat sihir. Dan aku harus berobat jauh ke jawa, menjalani terapi rukyah selama empat hari. Semua hanya gara-gara tetangga maniak dengan kolak berisi kegilaan pada perempuan dan tak punya agama.

Tapi karena itu, kamu juga tahu, salah satu penyebab kecemasanmu menggila, Na. Wempy mengingatkan. Ya, untuk itu aku harus berterima kasih.

Ketika terapi rukyah dijalankan, bukan hanya kolak berguna-guna itu yang ditemukan. Sejenis, tapi sudah sangat lama tertanam padaku. Dan itu ternyata salah satu penyebab kecemasanku selalu belripat ganda tanpa sebab. Menggila setiap kali aku berdekatan dengan orang lain. Sekarang aku harus menjalani terapi secara mandiri. Alhamdulillah, much better. Walaupun sejak pulang, aku seperti kehilangan tenaga, lelah terus bawaannya.

Agoraphobia masih ada. Tapi panic attact berkurang. Aku masih sangat tidak nyaman dengan keramaian. Tapi serangan rasa cemas yang menggila itu jauh lebih bisa dikendalikan. Tidak bisa berharap banyak, sakitku memang sudah ada, dengan guna-guna atau tanpa guna-guna. Harrry Potter hokus pokus itu cuma penguat yang mengacukan suasana lebih parah.

Aku penasaran. Siapa pelakunya? Dan atas dasar apa? Aku tidak pernah menyakiti orang. Aku bahkn nyaris tidak berteman dengan banyak orang. Bahkan sekarang hanya Kayla dan sedikit orang yang ku kenal secara langsung. Di dunia maya pun hanya ada beberapa teman di GIB, dan beberapa nama lain yang berteman dan berbicara. Lainnya, hanya nama yang aku pun tidak perduli.

Jangan dipikirkan, Na. Ada banyak alasannya. Dan bisa jadi karena soal hati. Wempy berkomentar pelan. Ya, kamu betul, Wem. Bisa jadi dengan seribu satu alasan yang aku tidak akan mengerti. Apalagi kalau sudah menyangkut soal hati.

Absurdnya cinta. Absurditas yang membuat dunia jungkir balik. Atas nama cinta, orang sering melakukan hal yang bahkan tidak masuk akal. Seseorang bisa sangat mencintai. Tapi disaat yang sama membunuh orang yang dicintainya. Atas nama cinta.  

3 comments: